Mungkinkah Akan Lahir Nation (Bangsa) Maling?

Otto Bauer mendefinisikan Nation (bangsa) sebagai suatu masyarakat ketertiban yang muncul dari masyarakat senasib. Atau bangsa adalah suatu kesamaan perangai yg timbul karena senasib.

                Ernest Renan mendefinisikan Nation (bangsa) sebagai jiwa, suatu asas keruhanian yang timbul dari: (1) kemuliaan bersama di waktu lampau yg merupakan aspek historis; (2) keinginan untuk hidup bersama di waktu sekarang yg merupakan aspek solidaritas, dalam bentuk besarnya tetap menggunakan warisan masa lampau, baik untuk kini dan yang akan datang.

                     Menurut Rudolf Kjellen, Nation (bangsa) adalah seibarat organisme biotis di mana jiwa bangsa sama dengan nafsu hidup dari organisme dimaksud. Suatu bangsa memiliki dorongan kehendak untuk hidup, mempertahankan dirinya dan kehendak untuk berkuasa.

                       Bangsa Indonesia terbentuk karena merasa senasib, sejiwa, sama perangai,  ingin mempertahankan diri, membangun solidaritas, berkeinginan untuk berkuasa sendiri lepas dari kekuasaan bangsa asing. Sepanjang sejarahnya, setelah merdeka dan membentuk negara, banyak anak-anak bangsa yang berkuasa di lingkaran birokrasi, parlemen, hukum, dan enterpreneur yang melakukan kejahatan korupsi, kolusi, nepotisme.

                 Jika usaha memberantas korupsi dilakukan serentak dengan keras antara KPK,Polisi, Kejaksaan secara terpadu, akankah  ada akibat sampingan? Maksudnya,  dengan banyaknya  penjahat-penjahat yang tertangkap, tidakkah  tumbuh  rasa senasib, sejiwa, sama perangai,  keinginan  mempertahankan diri, bangunan solidaritas, berkeinginan melanggengkan kekuasaan agar tetap eksis dan tidak masuk bui? Nah, jika syarat-syarat untuk terbentuknua Nation (bangsa) sudah terpenuhi, mungkinkah para koruptor, maling pulsa, pengedar narkoba, penyelundup, penipu,preman-2, dan bandit-2 mengorganisasi diri untuk membentuk Nation (bangsa) baru? Bukankah mereka sudah merasa senasib, sejiwa, seperangai, setujuan, secita-cita, suatu komunitas  yang harus mempertahankan diri? Apakah kira-kira nama yang  tepat bagi Nation (bangsa) yang dibentuk oleh para penjahat itu? Apa kira-kira program utama mereka dalam 100 hari setelah memproklamasikan  kelahiran bangsa mereka?
You have read this article with the title Mungkinkah Akan Lahir Nation (Bangsa) Maling?. You can bookmark this page URL http://khagussunyoto.blogspot.com/2012/10/mungkinkah-akan-lahir-nation-bangsa.html. Thanks!

No comment for "Mungkinkah Akan Lahir Nation (Bangsa) Maling?"

Post a Comment