SUETAN BATU GHANA Tidak Bisa Disalahkan

oleh Agus Sunyoto

     Gara-gara Guru Sufi melarang para santri melakukan aksi unjuk rasa ke kantor Demo Kerat memprotes pernyataan Suetan Batu Ghana, pesantren sufi digruduk anak-anak GusDurian yang sebagian membawa kyai-kyai muda untuk meminta penjelasan Guru Sufi. Pada saat kyai-kyai muda berbincang dengan Guru Sufi tidak sampai seperempat jam, mereka sudah kembali sambil tersenyum-senyum.

     Sule yang penasaran bertanya kepada Gus Abu, kyai muda yang ketawa terpingkal setelah berbicara singkat dengan Guru Sufi,"Maaf Gus, kok sampeyan malah ketawa-ketiwi setelah bicara dengan Mbah Kyai? Memangnya ada apa ini?"

    "Ya, Suetan Batu Ghana dianggap tidak bersalah oleh Mbah Kyai," kata Gus Abu tersenyum lebar,"Karena secara syar'i dia memang tidak bersalah dan tidak boleh disalahkan."

     "Lha kok bisa?" sergah Nizal protes keras,"Sudah jelas-jelas memfitnah orang yang sudah mati kok dibilang tidak salah. Moral apa yang dipakai ukuran?"

     "Ya moral Islam berdasar hukum fiqih empat mazhab, Zal," sahut Gus Abu masih ketawa.

     "Kok bisa Gus?" tukas Sule tidak terima,"Apa alasan Suetan tidak salah."

     "Itu kan baru mengolok-olok dan memfitnah Gus Dur," sahut Gus Abu enteng,"Dia kencing di masjid, sholat sambil kentut, sholat tidak wudhu, bahkan tidak sholat tidak puasa pun tidak apa-apa. Pokoknya, hukum syariat tidak bisa dikenakan kepada Suetan."

     "Jadi..?" sahut Sule mulai menangkap alasan Gus Abu ketawa-ketiwi setelah berbincang dengan Guru Sufi,"Wah payah kalau begitu ya negeri kita ini."

      "Mbokne ancuk!" Tawur tiba-tiba misuh-misuh,"Susah kalau negara dikuasai wong gendeng, edan, koplak, gelo, kenthir, koming, senewen, gak waras. Ya mesti aja semua tindakannya tidak bisa disalahkan..lha wong ya....GENDENG!"

      Para Gusdurian garuk-garuk kepala mengelus dada sambil menggumam,"Sabar..sabar! Sing waras ngalah.."
You have read this article with the title SUETAN BATU GHANA Tidak Bisa Disalahkan. You can bookmark this page URL http://khagussunyoto.blogspot.com/2012/12/suetan-batu-ghana-tidak-bisa-disalahkan.html. Thanks!

No comment for "SUETAN BATU GHANA Tidak Bisa Disalahkan"

Post a Comment